Hentikan nyanyian Alasan Kita...!! Sekarang, SOLUSI sudah banyak...

Simak dulu,
"Panas, jauh pula tempatnya", celoteh anak muda beberapa bulan lalu. Taukah Anda apa yang sedang ia keluhkan?? Atau "Beli petasan harga ratusan ribu untuk tahun baru mampu, giliran ada yang minta sumbangan seribu rupiah, katanya gak ada duit", protes ibu-ibu yang waktu istirahatnya terganggu karena suara letusan petasan.

Suatu keharusan bagi ummat Muslim, untuk mengeluarkan Infaq atau Shadaqoh. Bahkan diwajibkan untuk menunaikan Zakat bagi tiap-tiap jiwa. Tapi herannya, masih ada juga yang enggan merogoh kocek untuk itu. Hanya seribu loh...!? Enggan bersedekah. Dengan berbagai alasan, sampai ada yang bilang, "uang kecil habis", akhirnya uangnya habis beneran.  Padahal banyak orang diluaran sana menjadi besar dan sukses karena gemar bersedakah. Bukankah Allah Swt, menegaskan;  

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)
Kecuali memang kita sedang tidak punya harta untuk disedekahkan. Berbuat baik dalam bentuk lain pun Insya Allah, Allah akan membalasnya. Tapi, satu hal yang harus kita ingat, jangan sekali-kali menyebut-nyebut kebaikan dengan maksud ingin dilihat oleh orang lain (baca: riya') apalagi sampai menyakiti perasaan orang lain. Kadang kita tidak sadar, maka berhati-hatilah, ingatlah selalu Firman Allah, Swt.;

Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun. (QS. Al Baqarah: 263)

Itu baru bicara soal Shadaqoh, belum lagi tentang Qurban, itu juga alasannya tidak kalah beragam. Mau Qurban kambing nih misalnya, eh alasannya jauh lah, panas, susah dapetin suplier kambing dll. Belum tentu orang seperti itu pelit, hal itu terjadi biasanya karena malas yang merajai diri (trik setan cari teman).

Buat yang suka menyuguhkan alasan, sekarang ini, sudah banyak lembaga-lembaga Ziswaf yang siap antar jemput Zakat, Infaq dan Shodaqoh bahkan Qurban kita. Ada BAZNAS, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dll. Yang lebih mudah lagi bisa transfer via ATM. Mudah bukan...??? Alasan apalagi untuk tidak mengeluarkan harta yang kita miliki? Sesungguhnya kita tidak memiliki apa-apa selain pemberian Allah, Swt. 

So, Hentikan nyanyian Alasan...!! Sekarang, SOLUSI sudah banyak :)

Comments

Popular posts from this blog

Memperbaiki Rasa

Meja dan Diskusi

Namanya Ruby